• home
Home » » Ternyata Mandi air dingin setelah berolahraga tidak bermanfaat

Ternyata Mandi air dingin setelah berolahraga tidak bermanfaat

Ternyata Mandi air dingin setelah berolahraga tidak bermanfaat


Mungkin anda pernah mendengar sebelumnya dari informasi media atau membaca atikel di internet yang menyarankan bahwa mandi air dingin setelah latihan olahraga atau fitness akan sangat membantu untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Ternyata menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Naomi Crystal dari Universitas New Hampshire, Amerika Serikat, menyatakan bahwa mandi dengan menggunakan air dingin kurang berpengaruh terhadap rasa sakit dan peradangan di tubuh setelah berolahraga.

Studi tersebut dilakukan dengan melibatkan 20 orang yang berusia 20an yang diuji dengan lari lari selama 40 menit. Setelah berlari, separuh dari mereka diuji dengan berendam di air dingan selama 20 menit disuhu  4 derajat celcius. Sementara separuh dari mereka mandi dengan suhu air normal.

Setelah mereka selesai mandi, dilakukan pengujian tingkat nyeri saat mereka menuruni tangga, kekuata pada paha depan, lingkar paha mereka dan tingkat peradangan yang ada di dalam darah dan ternyata hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang besar antara seseorang yang mandi dengan air dingin setelah berolahraga dengan yang hanya mandi air biasa setelah berolahraga.

Penelitian ini tentu saja mematahkan prinsip yang menyarankan anda agar mandi air dingin setelah berolahraga dan saat ini treatment mandi dengan air dingin sangat populer di Amerika. Jadi, jika sobat selesai berolahraga sebaiknya mandi air biasa saja karena selain tubuh tetap hangat juga lebih hemat waktu.

0 komentar:

Posting Komentar