• home
Home » » Makan banyak setelah berolahraga ? Segera hindari!

Makan banyak setelah berolahraga ? Segera hindari!

Makan banyak setelah berolahraga ? Segera hindari!


Sobat semua pastinya senang berolahraga, mulai dari olahraga yang ringan seperti jogging atau lari pagi, hingga yang berat seperti sepakbola, tenis, badminton atau bahkan sering ke tempat fitness untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika sobat selesai berolah raga pastinya tubuh akan merasa lelah, namun banyak sekali orang setelah berolahraga mereka makan makanan dalam porsi yang banyak untuk menghilangkan rasa lapar setelah berolahraga. Tentu saja hal ini tidak benar, karena asupan kalori yang tinggi yang masuk ke dalam tubuh secara langsung dan berlebihan setelah tubuh berolahraga adalah kurang baik.

Disini kami himpun beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi rasa lapar atau lelah setelah berolah raga dan tentunya lebih sehat dan lebih baik.

1. Konsumsi air putih
Bila kita berolahraga, otomatis cairan tubuh akan semakin berkurang sehingga tubuh menjadi letih. Apabila sobat sebelum berolah raga, jeda ketika berolah raga maupun selesai berolahraga, sebaiknya minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air putih juga berfungsi  sebagai detoksifikasi untuk menguraikan racun yang ada di dalam tubuh kita.

2. Makan makanan sehat
Setelah selesai berolah raga, maka gula darah yang ada di dalam tubuh kita akan berkurang karena telah diproses sebagai energi sehingga tubuh akan menstimulus otak kita untuk memberikan asupan makanan untuk mengganti kadar gula dalam darah yang hilang tersebut dan inilah yang menyebabkan rasa lapar. Sebenarnya efek lapar ini hanya sementara, karena apabila kadar gula yang berlebih di tubuh kita sebenarnya telah disimpan di dalam hati dan akan dipergunakan kembali untuk mdiedarkan ke seluruh tubuh.

Untuk mengatasi rasa lapar, sebaiknya sobat jangan makan makanan berat atau makanan dalam porsi banyak. Sobat cukup konsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggikarena protein sangat penting untuk pembentukan sel otot dan akan cukup lama dicerna tubuh sehingga sobat akan merasa kenyak lebih lama. Cukup sobat mengkonsumsi daging ayam atau sumber protein lain dan buah pisang untuk menambah sumber vitamin dan mineral ditubuh.

3. Perbanyak makan makanan berserat
Bila sobat selesai berolah raga, sebaiknya memakan makanan yang cukup banyak serat seperti buah apel, pir, dan sebagainya. Serat ini sangat baik untuk kesehatan karena mampu mengikat kolesterol dan memperlancar pencernaan. Makanan berserat juga membuat kita mengunyah lebih lama sehingga tubuh akan merasa lebih kenyang.

0 komentar:

Posting Komentar