• home
Home » » 4 langkah mudah meningkatkan kreativitas anda

4 langkah mudah meningkatkan kreativitas anda

4 langkah mudah meningkatkan kreativitas anda.


Seringkali kita mencoba mengartikan kata kreativitas dan kita mungkin memikirkannya sebagai segala sesuatu hal yang berhubungan dengan kesenian. Seseorang yang dianggap kreatif sering kali dikaitkan dengan keahliannya bernyanyi, pidato, melukis, menggambar atau bahkan menciptakan suatu barang yang berharga bagi semua orang. Sebenarnya, yang perlu kita koreksi disini adalah seseorang yang berkerja selain bidang kesenian ternyata harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk kemajuan hidupnya. Kreativitas sebenarnya tidak selalu bawaan sejak lahir, ternyata kreativitas harus dipelajari dan ditingkatkan terus-menerus. Kemudian, bagaimana cara yang ampuh untuk meningkatkan kreativitas yang ada pada diri kita? berikut ini ada empat cara mudah untuk meningkatkan kreativitas di diri anda :

1. Carilah sumber inspirasi

Kreativitas pada dasarnya merupakan suatu keterampilan dan itu dapat anda pelajari dan tentu saja untuk mempelajari suatu kreativitas, anda harus menemukan sumber kreativitas itu sendiri. Sumber inspirasi untuk meningkatkan kreativitas dapat berasal dari berbagai sumber, seperti dari kondisi lingkungan disekitar anda , dari orang-orang, berbagai macam obyek, internet, bahkan anda diri anda sendiri bisa menjadi sumber motivasi. Dari sumber insirasi tersebut, coba anda kembangkan menjadi ide-ide baru yang lebih baik dan menarik agar diri anda tidak terlalu bergantung pada sumber inspirasi tertentu saja.

2. Buatlah komitmen pada diri anda

Untuk meningkatkan kreativitas pada diri anda tentu saja anda perlu komitmen dengan diri anda. sisihkan beberapa menit atau beberapa jam sehari utuk mengembangkan kreativitas anda dan tetapkan tujuan anda dalam proses tersebut. Jangan lupa bertanya atau minta bantuan teman atau seseorang dalam engembangkan kreativitas anda.

3. Perbanyak wawasan anda dalam meningkatkan kreativitas
Jika anda ingin meningkatkan kreativitas,cobalah untuk fokus mencari sumber inspirasi sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda ingin meningkatkan kreativitas dalam bidang photografi, tentiu saja anda perlu membaca majalah-majalah photografi, bergabung dengan group photografi, pergi ke tempat perkumpulan photografi dan sebagainya. Benamkan diri anda dan fokus untuk mendapatkan informasi baru.

4. Dengarkan musik

Mungkin terdengar agak aneh bagi sebagian orang, tetapi ternyata mendengarkan musik dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Jika anda menyukai tipe musik yang tenang untuk memperoleh inspirasi,cobalah mendengarkan musik tipe klasik dan pasti jika musik tersebut sesuai dengan irama jiwa anda, maka pikiran anda akan lebih kreatif.

Pada dasarnya setiap orang pasti akan berbeda cara untuk mencapai dirinya agar lebih kreatif. Jika anda merasa diri anda belum kreatif, cobalah beberapa saran diatas dan temukan cara ang tepat sehingga anda menjadi lebih kreatif dibandingkan sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar