• home
Home » » 5 manfaat luar biasa dari daun seledri

5 manfaat luar biasa dari daun seledri


5 manfaat luar biasa dari daun seledri

Siapa yang tidak kenal seledri ? hampir semua orang pasti kenal seledri. Sayuran yang satu ini memang sangat disukai oleh hampir semua orang di dunia karena berbagai macam manfaat di dalamnya dan sayuran ini pun dapat dimanfaatkan sebagai memberikan cita rasa masakan, sebagai jus ataupun ada yang suka mengkonsumsinya sebagai lalapan.

Seledri merupakan tanaman yang beraroma khas dan mengandung banyak zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut kami rangkum ada 5 manfaat penting dari sayuran yang satu ini.

1. Sebagai anti kanker
Menurut hasil penemuan terbaru yang dilakukan oleh universitas illinois, Amerika Serikat, ternyata seledri banyak sekali mengandung zat artichoke plus yang dapat membunuh sel-sel kanker pankreas. apabila kita mengkonsumsi seledri dalam jumlah yang cukup, maka jika diri kita terjadi risiko kanker pankreas maka zat artichoke plus tersebut dapat membunuhnya disamping kita perlu jugameminum obat-obatan untuk menyembuhkan kanker tersebut.Selain itu, seledri juga mengandung zat miristin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Dapat menyembuhkan sel yang sakit
Pada sayuran seledri, ternyata mengandung zat apigenin dan luteolin-flavonoid dan bioaktif flavonoid tersebut mampu menyembuhkan sel yang sakit. Sel tubuh kita yang rusak atau mengalami sakit tentu saja dapat berakibat fatal pada tubuh kita karena bisa jadi tubuh kita menjadi rentan terhadap radikal bebas yang bisa saja menyerang tubuh.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Selain mengandung banyak zat besi, seledri ternyata juga mengandung banyak vitamin A dan Vitamin C. Kedua vitamin tersebut sangat penting karena digunakan sebagai anti oksidan dan mampu meningkatkan produksi jaringan kolagen dikulit dan tubuh kita serta mampu menjaga kesehatan mata.

4. Melindungi diri dari penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung dan sebagainya adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Penyakit ini terjadi karena pola makan yang salah, kurangnya berolah raga dan dapat disebabkan karena tubuh kita secara alami juga menghasilkan asam amino homosistein yang dapat mengganggu fungsi pembuluh darah. Pada sayuran seledri, terdapat asam folat atau vitamin b9 yang sangat baik untuk tubuh karena dapat mengubah asam amino homosistein menjadi molekul yang lebih sederhana sehingga mudah diserap oleh tubuh

5. Sebagai zat anti-inflamasi
Seledri juga berguna sebagai zat anti-inflamasi karena mampu mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitar sendi sehingga selendri sangat baik di konsumsi bagi orang yang mengalami masalah dengan radang sendi, penyakit rematik maupun asam urat.

0 komentar:

Posting Komentar