• home
Home » » 6 manfaat hebat dari berlari

6 manfaat hebat dari berlari

6 manfaat hebat dari berlari


Berlari adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang sangat besar. Setiap orang yang sehat pasti bisa berlari, namun sayangnya banyak yang enggan melakukan olahraga yang satu ini. Berikut ini ada 6 manfaat besar yang bisa anda peroleh dengan hanya berlari.

1. Dapat menurunkan berat badan
Bila anda mengalami masalah dengan menurunkan berat badan, mengapa tidak mencoba olahraga berlari. Olahraga ini sangat mudah dilakukan dan gratis terutama jika anda tinggal dilingkungan yang masih asri dan sejuk. Berlari dapat membuat otot-otot kaki atau lengan anda bergerak dan dengan bergeraknya otot, maka metabolisme tubuh akan meningkat sehingga cadangan energi yang tersimpan dalam bentuk lemak ditubuh akan digunakan oleh otot sebagai sumber energi. Dengan sering anda berolahraga terutama berlari maka cadangan energi ditubuh dalam bentuk lemak akan berkurang sehingga berat tubuh anda akan berkurang pula.

2. Dapat memberikan kebahagiaan
Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Medicine & Science, dengan berjalan kaki atau berlari selama 30 menit dapat menngkatkan kebugaran tubuh dan menghilangkan stress. Hal ini terjadi, karena saat tubuh kita mengalami metabolisme yang tinggi karena aktivitas berlari, maka enzim kortisol didalam tubuh akan berkurang dan hormon endorfin didalam tubuh yang menstimulus perasaan bahagia akan diproduksi oleh tubuh sehingga saat kita berlari, tubuh akan merasa lebih bahagia.

3. Dapat Menurunkan resiko terkena kanker
Saat ini, penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan diseluruh dunia. Kanker memiliki banyak sekali jenis dan tipenya dan bermacam cara penyembuhannya. Tahukah anda, bahwa dengan kita berolahraga secara teratur dapat mengurangi resiko terjadinya kanker?. Studi terbaru telah dilakukan oleh para peneliti di Journal of Nutrition dan mereka menyimpulkan bahwa dengan kita berolahraga secara teratur bisa menurunkan resiko terjadinya kanker yang mungkin saja bisa terjadi di tubuh kita.

4. Dapat memanjangkan usia
usia memang ditangan Tuhan dan tidak ada seorangpun yang tahu berapa lama usia dirinya. Sebuah penelitian telah dilakukan para ahli di Amerika, mereka mendata usia penduduk dan didapat fakta yang cukup mengejutkan bahwa, untuk seseorang yang selama hidupnya rajin berolahraga terutama berlari, akan memiliki rata-rata usia yang jauh lebih lama dibandingkan mereka yang jarang berolahraga.

5. Dapat mempertajam daya pikir
Berolahraga secara teratur, ternyata memiliki peran penting dalam meingkatkan daya pikir atau daya nalar seseorang. Sebuah peelitian telah dilakukan dan menunjukkan bahwa dengan olahraga teratur seperti berlari dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi otak dan akan memiliki daya nalar dan daya pikir yang cukup tinggi.

6. Dapat meningkatkan massa otot dan tulang
Tahukanh anda, bahawa dengan rajin berlari ternyata dapat meningkatkan massa otot dan mencegah terjadinga pengeroposan tulang. Hal ini terjadi karena tulang memiliki kepadatan tertentu dana akan menurun semakin bertambahnya usia seseorang. Dengan berlari, akan memberikan tekanan pada tulang sehingga kepadatan tulang akan meningkat.


Fakta diatas tentu saja memberikan gambaran bahwa sangat pentingnya berlari sebagai kegiatan olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan. Namun pertanyaannya adalah, sudah siapkah anda untuk berolahraga lari?

0 komentar:

Posting Komentar