• home
Home » » Gemuk karbohidrat. Apakah itu ?

Gemuk karbohidrat. Apakah itu ?

Gemuk karbohidrat. Apakah itu ?


Kita mungkin seringkali berfikir dan mambaca tentang berbagai bahaya kegemukan atau obesitas dan penyebab terjadinya kegemukan tersebut. Kita mungkin mengira kegemukan hanya terjadi jika kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Itu meemang tidak salah, tetapi tahukah sobat bahwa seseorang bisa mengalami kegemukan karena mengkonsumsi karbohidrat dengan jumlah tinggi? Ya, benar, hal itu bisa terjadi. Kejadian ini terjadi justru di negara kita dimana banyak sekali orang yang mengalami kegemukan bukan karena mengkonsumsi makanan berlemak dalam jumlah banyak tetapi justru karena mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang cukup tinggi.

Gemuk karbohidrat memang bisa terjadi karena sebagian dari kita tidak memperhitungkan jumlah kalori dalam karbohidrat yang kita makan. Kita mungkin sering memakan cemilan yang berasal dari kentang atau umbi-umbian, memakan roti, kue kering, mie, maupun kuliner lain yang sering kita santap setelah memakan makanan pokok. Konsumsi cemilan yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi tubuh karena kalori yang masuk ke dalam tubuh apabila tidak sepenuhnya diproses maka tubuh akan bereaksi dengan meningkatnya kadar gula dalam darah sehinga berbahaya bagi kesehatan tubuh dan kelebihan energi ini jika tidak digunakan maka akan disimpan dalam bentuk lemak di tubuh kita.

Untuk menghindari resiko kegemukan akibat makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebaiknya  kita lakukan dengan cara mengurangi takarannya dengan menggantinya dengan makanan yang mengandung protein nabati seperti tepung yang berasal dari kedelai atau kacang-kacangan. Protein nabati tersebut memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dan penting untuk pembentukan sel otot.

0 komentar:

Posting Komentar