• home
Home » » 6 resiko vital yang bisa anda temui jika kurang tidur

6 resiko vital yang bisa anda temui jika kurang tidur

6 resiko vital yang bisa anda temui jika kurang tidur


Dijaman yang serba modern dan sibuk ini, banyak sekali aktifitas yang  dapat kita lakukan, namun dengan banyaknya berbagai aktifitas tersebut membuat kita kurang istirahat atau kurang tidur. Untuk waktu tidur yang baik adalah antara 7 sampai 9 jam sehari. Namun, banyak sekali orang yang tidurnya kurang dari 7 jam sehari atau bahkan hanya 4 jam sehari. Disini, kami menghimpun 4 resiko besar yang dapat anda temui jika waktu tidur anda kurang dari seharusnya.

1. Meningkatnya produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan.

Seseorang yang memiliki waktu tidur yang kurang, maka tubuh akan merangsang produksi hormaon ghrelin yang bisa merangsang nafsu makan. Tingginya nafsu makan tentu saja akan meningkatkan asupan makanan ketubuh sehingga tubuh akan mengalami kelebihan kalori dan bila tidak digunakan akan disimpan kedalam bentuk lemak. Peningkatan lemak di tubuh tentu saja tidak sehat dan bisa memicu berbagai macam penyakit.

2. Meningkatkan resiko terkena darah tinggi hingga 500%.
Jika anda memiliki waktu tidur yang sangat pendek yaitu hingga kurang dari 5 jam, maka resiko anda terkena darah tinggi bisa mencapai 500% dan tentu saja, tekanan darah tinggi akan memicu serangan jantung yang sangat berbahaya bagi anda.

3. Meningkatkan resiko terserang diabetes
Seseorang yang memiliki waktu tidur yang kurang, maka besar kemungkinannya akan terserang diabetes. Karena pada kondisi badan yang tidak optimal, metabolisme tubuh akan terganggu sehingga tubuh akan mengalami resistensi terhadap hormon insulin. hormon insulin berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan menyimpannya di hati dan membantu penyerapan glukosa kedalam sel tubuh. Jika tubuh menjadi lebih resisten terhadap insulin, tentu saja bila tubuh menjadi resisten terhadap insulin, maka kadar gula dalam darah akan meningkat tajam.

4. Meningkatkan hormon kortisol yang menyebabkan penuan dini
Berkurangnya waktu tidur dari yang seharusnya akan memicu tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon ini akan memperlambat produksi jaringan kolagen di dalam tubuh sehingga jaringan kolagen akan semakin mengendur dan kulit akan terlihat mengendur dan tampak tua. Selain itu, hormon ini juga dapat memicu stress, meningkatkan kegelisahan dan dan memicu tekanan darah tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar