• home
Home » » Lawan Depresi dengan Latihan Yoga

Lawan Depresi dengan Latihan Yoga

Lawan Depresi dengan Latihan Yoga


Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang saat ini sangat digemari oleh semua orang. Yoga sendiri berasal dari negara india dan telah ada dinegara tersebut sejak 3000SM atau sekitar 5000 tahun yang lalu. Yoga memiliki arti bersatu, yaitu bersatunya tubuh,pikiran dan jiwa seseorang sehinga mencapai ketenangan di dalam diri.

Saat ini, banyak diantara kita yang datang ke kelas yoga untuk berbagai keperluan, seperti untuk memberikan relaksasi bagi pikiran dan tubuh, meningkatkan ketenangan spiritual maupun sebagai kebugaran untuk membuat tubuh semakin sehat. Yoga memiliki banyak sekali jenis dan cara mempraktekannya. 

Beberapa orang menggunakan yoga untuk kebugaran, sebagian untuk relaksasi dan beberapa alasan spiritual. Manfaat lain yang mungkin dari berlatih yoga adalah meningkatkan kesehatan mental. Untuk yoga berbasis meditasi sendiri memiliki banyak cabang seperti yoga Kripalu,Jivamukti, yoga hatha dan sebagainya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan disebuah universitas di negara Jerman, pemberian latihan yoga untuk para pasien yang memiliki penyakit depresi ternyata mampu mengurangi tingkat depresi dan mengurangi kecepasan yang ada pada pasien tersebut. Bahkan tingkat keberhasilannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pengobatan dengan hanya menggunakan relaksasi. Oleh karenanya, jika ada seseorang yang sedang memiliki perasaan cemas  berlebihan atau merasa memiliki gejala depresi di dalam dirinya, maka sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga yoga yang berbasis meditasi.

0 komentar:

Posting Komentar